5 Cara Mengatasi Laptop Panas
Tips

5 Cara Mengatasi Laptop Panas

Halo sob, jumpa lagi bersama mimin! Pernah gak laptop punya kalian mengalami kenaikan suhu, atau teman-teman biasa menyebutnya sebagai panas? Pernah gak kalian kepikiran, sebenarnya kenapa sih laptop bisa panas? Apa saja dampak dari laptop yang suhunya meningkat?  Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kali ini kita akan membahas penyebabnya, apa saja dampaknya dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengapa Laptop Bisa Panas?

Pertama kita akan membahas kenapa laptop bisa menjadi panas. Kita harus tau terlebih dahulu, apa sih penyebab dari panas yang ada pada laptop. Kita akan membantu kalian mengidentifikasi atau memaparkan apa-apa saja yang bisa menyebabkan laptop kita panas.

1. Meletakkan Laptop Sembarangan

Pertama, yaitu meletakkan laptop secara sembarangan. Apalagi jika kita meletakkannya di kasur. Kasur bisa menghambat pergerakan angin yang ada pada laptop bagian bawah, sehingga kipas tidak berfungsi secara optimal karena angin yang masuk atau keluar mengalami pelambatan karena kain dan kapuk. Sebenarnya dimanapun kita meletakannya, jika ventilasi udaranya terganggu atau terhalang sesuatu, itu akan menyebabkan panas.

2. Kipas Tidak Berfungsi Secara Normal

Sebenarnya, ini masih ada hubungannya dengan poin nomor satu. Bisa dikatakan salah satu penyebab kipas tidak berfungsi secara normal adalah karena poin nomor satu. Kipas yang tidak berjalan secara normal tentu akan membuat bagian dalam laptop menjadi panas. Penyebab kipas menjadi panas selain poin nomor satu adalah karena debu dan kotoran yang masuk dan menempel pada kipas. Sehingga membuat pergerakan kipas menjadi kurang optimal.

3. Pasta Prosesor Mengering

Biasanya prosesor akan diberikan pasta agar dapat mengurangi panas. Prosesor memang sering panas karena itu adalah otak dari komputer atau laptop kita, sehingga kita memerlukan sebuah pasta yang dapat mengurangi panas terserbut. Jika laptop kalian panas, ada kemungkinan pastanya mengering.

Dampak laptop menjadi panas

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan laptop panas, terdapat pula akibat dari laptop yang suhunya meningkat. Panas yang kita rasakan tersebut sebenarnya juga merupakan suatu radiasi. Ada banyak dampak yang bisa disebabkan oleh sebuah radiasi. Gatal, pegal dan pusing adalah beberapa contoh dari dampak radiasi.

Selain radiasi, panas dari juga akan menyebabkan kinerja menurun, mengeluarkan suara yang aneh, panas yang dikeluarkan lebih meningkat dari sebelumnya dan bahkan bisa jadi laptop akan restart atau mati sendiri. Maka dari itu diperlukan sebuah pengendalian agar laptop tidak menjadi panas.

Cara Mengatasi Laptop Panas

1. Letakkan Laptop pada Tempat yang Datar

Peletakkan laptop di tempat yang datar sangat disarankan karena ventilasi udaranya tidak terhambat atau tertutup apapun, sehingga membuat sirkulasi udara yang masuk dan keluar di dalam laptop menjadi lancar. Berbeda jika diletakan di kasur, ventilasinya akan mengalami serikulasi yang dinamis, sehingga udara yang masuk dan keluar tidaklah konstan dan membuat panas.

2. Rutin Membersihkan Laptop, Terutama Bagian Kipas

Membersihkan laptop terutama bagian dalam yaitu kipas sangat wajib untuk dilaksanakan secara rutin, mungkin setiap dua bulan sekali. Semua yang terseret kedalam kipas bukan hanya udara, namun juga debu-debu. Debu-debu tersebut bisa menempel pada kipas dan membuat pergerakan kipas menjadi melambat.

Jika pergerakan kipas melambat, otomatis udara yang dihasilkan tidak konsisten dan bisa menyebabkan panas. Bahkan diluar laptop-pun kita juga bisa merasakan panasnya. Jika sobat hendak membersihkan kipas, gunakanlah kuas kecil yang lembut agar dapat menjangkau sela-sela kipas. Selain itu jika Teman Merdika mendapati kipas tersebut mati, maka segera beli dan ganti yang baru.

3. Tambahkan Pasta pada Prosesor

Jika Teman Merdika tengah membersihkan kipas, sebaiknya cek juga apakah pasta pada prosesor telah mengering. Jika iya, maka silakan tambahkan pasta pada prosesor. Pasta prosesor dapat diperoleh di toko-toko komputer terdekat, mungkin harganya tidak terlalu mahal. Pasta ini sangat berguna bagi prosesor, karena dapat mendinginkan suhu prosesor.

4. Tutup Software yang Tidak Diperlukan

Jika tadi kita membahas bagian dalam komputer atau laptop, maka sekarang kita akan membahas sedikit tentang bagian software-nya. Pastikan kita menutup software yang tidak digunakan, contoh jika kita membuka Chrome dan kita juga membuka Firefox, gunakan saja salah satunya, karena itu akan memakan ram kita.

Akibatnya adalah prosesor dan ram akan bekerja terlalu keras dan menyebkan panas. Selain itu matikan program yang tidak penting, yang berjalan secara tak terlihat di laptop. Kalian bisa cari melalui task manager.

5. Gunakan Kipas Eksternal atau Cooler

Kalian juga bisa membeli kipas, vacoom atau cooler eksternal untuk meredakan panas yang ada pada laptop kalian, pastikan cooler-nya yang berkualitas bagus. Tak wajib ada lampu RGB-nya, yang penting itu bisa membuang panas.

Oke sekian itu saja tips dari kami, jika lanngkah tersebut tidak berhasil, opsi terakhir adalah membawanya kepada mekanik service laptop di lokasi terdekat. Jika teman-teman ingin mengenal komputer dengan lebih dalam, maka teman-teman bisa bergabung dengan kelas kami, aplikasi perkantoran, desain grafis, digital marketing, dan teknisi handphone. See you in class, mate!

Referensi:

liputan6.com. 7 Penyebab Laptop Cepat Panas, Salah Satunya karena Thermal Paste Kering. (Diakses 29 Agustus 2023), dari https://www.liputan6.com/hot/read/5021038/7-penyebab-laptop-cepat-panas-salah-satunya-karena-thermal-paste-kering

bhinneka.com. Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya. (Diakses 29 Agustus 2023), dari https://www.bhinneka.com/blog/penyebab-laptop-cepat-panas-dan-cara-mengatasinya/

Sumber Gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-orang-di-laptop-461064/

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *